Kamis, 16 Agustus 2012

Pengertian Geografi

     Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi dan grafi (graphien) yang berarti pencitraan atau pelukisan. jadi dari segi bahasa Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan keadaan bumi.
Definisi geografi mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan kemajuan manusia dalam memandang bumi. inilah pandangan para perumusnya, yaitu :
1. Alexander (1958) mengemukakan bahwa geografi merupakan studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktifitas manusia.
2. Hartshorne (1960) merumuskan bahwa geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang diteliti, beraturan, dan rasional tentang sifat fariabel dari permukaan bumi.
3. Yeates (1963) mengartikan geografi sebagai suatu ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
4. Bintarto (1977) sebagai tokoh geografi indonesia mendeskripsikan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serata mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumidalam ruang dan waktu.

Ruang Lingkup Geografi

     Melihat analisa yang dipelajarinya, Geografi dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan "what-where-why-how" tentang apa yang terjadi dipermukaan bumi. untuk menjawab pertanyaan what, geografi geografi dapat menunjukan gejala atau faktor alam dan gejala atau faktor manusia. untuk menjawab pertanyaan where, geografi dapat menunjukkan ruang atau tempat terdapatnya atau terjadinya gejala alam dan manusia tadi. untuk menjawab pertanyaan why, geografi dapat menunjukkan relasi- interelasi- interaksi- integrasi gejala-gejala tadi sebagai faktor yang tidak terlepas satu sama lain. untuk menjawab pertanyaan how, geografi dapat menunjukkan kwalitas dan kwantitas gejala dan interelasi/interaksi gejala-gejala tadi pada ruang yang bersangkutan Bahkan untuk mengungkapkan waktu atau waktu berlangsungnya, geografi juga dapat menjawab pertanyaan "when" dalam mengungkapkan dimensi waktunya. dengan demikian, ruang lingkup studi dan analisa geografi cukup luas dan mendasar.
     Dalam ruang lingkup inilah tercerminnya sifat karakteristik Geografi sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan dan sebagai suatu bidang studi yang berbeda dengan bidang ilmu pengetahuan dan bidang studi lainnya. selanjutnya bagaimana peranan geografi itu ditengah-tengah ilmu pengetahuan lainnya dan di tengah-tengah kehidupan, akan bahan pada pasal berikut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar